Sudah Tanggal 23 Agustus, Tetap Belum Bisa Daftar CPNS Online

Jakarta -Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) secara online seharusnya bisa dilakukan serentak sejak 20 Agustus lalu. Setidaknya itu yang dulu diumumkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB).

Namun saat itu situs https://panselnas.menpan.go.id/ tidak bisa diakes sampai akhirnya jadwal pun dimundurkan beberapa hari. Pemerintah pun berjanji para pelamar sudah bisa mengunggah (upload) data diri pada Sabtu 23 Agustus 2014 alias hari ini.


Situs tersebut kini sudah bisa diakses, akan tetapi dari penelusuran detikFinance, pendaftaran alias pengiriman data diri pelamar tetap belum bisa dilakukan.


Yang bisa diakses hanya Halaman Muka, Alur Pendaftaran, Formasi CPNS 2014, Status Data Informasi, dan Kontak Kami. Dari halaman muka, pelamar dituntun untuk menuju Formasi CPNS 2014 untuk melihat lowongan yang tersedia.


Sudah banyak posisi lowongan di Kementerian/Lembaga yang diunggah di situs ini, mulai dari pemerintah pusat sampai daerah. Sayangnya, ketika memilih tautan 'Formulir Registrasi' maka akan muncul layar putih dengan tulisa 'Pendaftaran Belum Dibuka'


Padahal, Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kemen PAN-RB Herman Suryatman sudah memprediksi para pelamar baru bisa benar-benar melakukan pendaftaran pada 23 Agustus mendatang. Atau hari keempat setelah jadwal pembukaan pendaftaran.


"Sebenarnya dari tanggal 20 Agustus kemarin masyarakat sudah bisa mendaftar. Tetapi memang kondisinya sangat padat. Kemungkinan bisa benar-benar normal di hari ke-4," ujar Herman kepada detikFinance, Kamis (21/8/2014).


Herman mengatakan, tingginya antusiasme masyarakat ini menyebabkan server tidak bisa menampung jumlah kunjungan yang begitu deras.


"Banyak yang buka, yang buka pun belum tentu mendaftar. Ini yang menyebabkan sistem kita tidak kuat," katanya waktu itu.


(ang/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!