Diserbu 10 Juta Pengunjung, Situs Pendaftaran CPNS Ambruk

Jakarta -Sampai saat ini, situs pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) masih mengalami gangguan. Penyebabnya adalah gangguan pada server akibat membludaknya kunjungan para calon pelamar.

"Server kita memang sedang down. Ini karena memang tingginya antusiasme masyarakat yang ingin mendaftar," kata Herman Suryatman, Kepala Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB), kepada detikFinance, Kamis (21/8/2014).


Herman menyebutkan, hingga pukul 02.00 WIB hari ini sudah ada 5 juta kunjungan. "Sampai sekarang mungkin sudah tembus 10 juta. Makanya server kita bisa sampai down," tuturnya.


Hal seperti ini, lanjut Herman, biasa terjadi pada awal-awal pendaftaran. "Dari pengalaman tahun sebelumnya, ini biasa terjadi di tiga hari pertama. Ini hal yang wajar seperti pengalaman kita tahun sebelumnya. Masyarakat euforia, jadi semua membuka," sebutnya.


Atas masalah yang terjadi dalam dua hari terakhir, Kemen PAN-RB meminta maaf kepada masyarakat atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan. "Kami minta maaf, bukan bermaksud menghalang-halangi yang ingin mendaftar. Namun memang antusiasme tinggi," katanya.


Menurut Herman, calon pendaftar tidak perlu panik karena Kemen PAN-RB terus mempercepat proses perbaikan. "Kami tetap bekerja keras supaya masyarakat bisa segera nyaman melakukan pendaftaran," tuturnya.


(hds/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!