Ini Grafik IHSG yang Anjlok Setelah Massa Prabowo Berkumpul di MK

Jakarta -Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang awalnya bergerak datar siang tadi tiba-tiba anjlok. Jatuhnya IHSG ini tak lama setelah massa pendukung Prabowo-Hatta berkumpul di depan Gedung Mahkamah Konstitusi (MK).

Seperti terlihat dari grafik perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (21/8/2014), IHSG membuka perdagangan dengan turun tipis 2,844 poin (0,05%) ke level 5.187,323.


Dari pembukaan hingga jelang penutupan Sesi I, IHSG bergerak dalam rentang yang tipis dan cenderung datar. Menjelang siang, massa pendukung Prabowo mulai berkumpul di Bundaran HI.


Sekitar 600 simpatisan kemudian bergerak ke utara melalui Jalan Thamrin menuju Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), dari Bundaran HI ke arah Patung Kuda. Massa ini menyusul sekitar 1.000-an pendukung yang sebelumnya sudah berangkat terlebih dahulu.


Tak lama setelah pergerakan massa itu, aksi jual mulai bermunculan di lantai bursa. Indeks yang sebelumnya hanya turun antara 2-7 poin saja langsung tiba-tiba anjlok 33 poin seperti terlihat dalam grafik.


Aksi jual ini kebanyakan dilakukan investor lokal. Investor asing memilih untuk wait and see sambil mengoleksi saham yang dilepas pemodal domestik.


(ang/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!