Bikin Situs Pendaftaran CPNS, Kementerian Ini Klaim Hampir Tak Keluar Uang

Jakarta -Tahun ini, proses seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) banyak menggunakan teknologi informasi. Ini dimulai dari pendaftaran yang dilakukan pelamar melalui situs https://panselnas.menpan.go.id/.

Menurut Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) Setiawan Wangsaatmaja, pihaknya hampir tak keluar uang untuk pengadaan situs ini. "Dananya mini budget lah. Malah bisa dibilang hampir tidak ada, karena menggunakan fasilitas negara" katanya kepada detikFinance, Kamis (21/8/2014).


Untuk server, lanjut Setiawan, pihaknya menggunakan milik Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). "Kami tidak beli atau sewa. Server-nya milik BPPT," ujarnya.


Sementara untuk tenaga kerja, Kemen PAN-RB sudah memiliki tim IT sendiri yang berjumlah 25 orang PNS. "Tenaga IT kami ada 25 orang PNS. Adanya memang cuma segitu," tuturnya.


Suwardi, Kepala Bagian Humas Kemen PAN-RB, menambahkan tidak ada honor khusus untuk tim IT ini. "Namanya pekerjaan, kadang pekerjaannya sedikit kadang banyak. Seperti di swasta saja, itu namanya risiko kerja" katanya.


Hingga saat ini, situs pendaftaran CPNS masih bermasalah. Semestinya, pendaftaran CPNS secara online dimulai 20 Agustus 2014 kemarin. Namun hingga sekarang, situs pendaftaran tidak bisa diakses.


Berdasarkan pantauan detikFinance, situs https://panselnas.menpan.go.id/ masih sulit diakses. Seringkali di laman situs hanya ada pemberitahuan 'unable to connect'.


(hds/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!