Rapat di DPR, Dahlan Bahas Anggaran Hingga Tunggakan Dividen Freeport

Jakarta -Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan dan Komisi VI DPR menggelar rapat kerja. Dahlan menyampaikan sejumlah program kerja dan perihal terkait BUMN. Salah satunya adalah menjelaskan rencana target dividen untuk APBN 2015 senilai Rp 41 triliun.

"Adapun target dividen tahun anggaran 2015 dari laba BUMN tahun buku 2014 sebesar Rp 41 triliun," kata Dahlan di depan Komisi VI DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (21/8/2014).


Dahlan juga menjelaskan tentang realisasi setoran dividen untuk tahun anggaran 2014. Setoran dividen saat ini belum tercapai karena PT Freeport Indonesia mengalami persoalan produksi.


Begitu juga tambahan pembayaran dividen dari PT PLN (Persero). Menurut Dahlan, PLN mengalami kesulitan keuangan akibat gejolak kurs sehingga tidak mampu membayar dividen.


"Tidak ada setoran dividen dari PLN sebesar Rp 4 triliun karena mengalami kerugian akibat melemahnya nilai tukar rupiah, serta Freeport sebesar Rp 1,5 triliun karena penurunan operasi. Kekurangan dividen akan diupayakan dipenuhi dari Freeport dan dari BUMN lainnya," katanya.


Di depan Komisi VI DPR, Dahlan menyampaikan realisasi penyerapan anggaran Kementerian BUMN per 19 Agustus 2014 mencapai Rp 47,1 miliar, atau 38,1% dari Pagu APBN-P Tahun 2014 sebesar Rp. 123,5 miliar.


Dahlan juga menyampaikan usulan pagu anggaran Kementerian BUMN tahun depan sebesar Rp 132,9 miliar. Pagu ini naik 7,67% dari pagu APBN-P Tahun 2014.Next


(feb/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!