Tes CPNS Pakai Komputer Bisa Berlangsung di Gedung Sekolah

Jakarta -Tahun ini seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri (CPNS) banyak menggunakan teknologi informasi (TI). Misalnya penggunaan Computer Assisted Test (CAT) dalam proses Tes Kompetensi Dasar (TKD).

Dalam hal pengadaan komputer untuk CAT, Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) Setiawan Wangsaatmaja mengatakan pihaknya menggandeng instansi lain.


"Kebutuhan komputer untuk CAT dibantu oleh instansi lain. Misalnya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, BKN (Badan Kepegawaian Negara), kampus, dan sekolah-sekolah," katanya kepada detikFinance, Kamis (21/8/2014).


Untuk pelaksanaan tes dengan CAT di daerah, lanjut Setiawan, bisa dilakukan di sekolah-sekolah. Menurutnya, sudah banyak sekolah di daerah yang terbiasa dengan hal semacam ini karena sering mengadakan tes kompetensi guru.


Komputer di kampus atau sekolah, tambah Setiawan, juga cukup memadai untuk menyelenggarakan CAT. Spesifikasi komputer untuk menjalankan CAT tidak perlu yang terlalu canggih.


"Komputernya tidak perlu yang bagus-bagus, ini kan hanya untuk memasukkan jawaban. Tidak banyak grafik yang besar-besar," katanya.


(hds/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!