Bea Cukai Buka Lowongan 2.000 Pegawai

Jakarta -Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) kembali membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun ini. Ada 2.000 lowongan yang dibutuhkan untuk menjadi abdi negara.

"Kita akan buka penerimaan untuk 2.000 orang," kata Dirjen Bea Cukai Kemenkeu Agung Kuswandono kepada detikFinance, Minggu (24/8/2014).


Ia menyebutkan, total pegawai DJBC saat ini sebanyak 13.000 orang. Dengan tambahan tersebut tentunya mampu melengkapi kebutuhan pegawai sampai pada tingkat yang layak.


"Kan kebutuhan pegawai saya minimum 15.000," sebutnya.


Agung menjelaskan soal besarnya kebutuhan pegawai Bea Cukai terkait bertambahnya cakupan tugas. Misalnya untuk pengawasan Bandar Udara (Bandara) Soekarno-Hatta yang sekarang aktivitasnya meningkat sampai empat kali lipat.


"Melihat Soekarno-Hatta itu kan meningkat 4 kali lipat," imbuh Agung.


Hal yang sama juga terjadi di Pelabuhan Tanjung Priok dan lokasi pintu masuk negara yang membutuhkan pengawasan dari pegawai Bea Cukai, apalagi ada ketentuan jam kerja akan berlaku 24 jam selama 7 hari.


"Jadi pegawai itu kan dibutuhkan, karena akan 247, priok 247. Itu pegawainya kan 3 shift. Otomatis harus nambah. Jadi minimal kita itu 15.000," paparnya.


Pendaftaran CPNS secara online di situs http://panselnas.menpan.go.id sempat bermasalah, sehingga menyebabkan molor dari jadwal semula 20 Agustus 2014. Pendaftaran diperkirakan baru bisa dilakukan Minggu 24 Agustus 2014.


Tingginya minat masyarakat untuk mengakses situs ini sangat tinggi. Sehingga server yang disediakan panitia tidak mampu menampung. Pihak Kemenpan R&B memundurkan jadwal batas terakhir pendaftaran dari 3 September, diundur hingga 7 September 2014.


(mkl/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!