Bos Pelindo II: Ekonomi Tumbuh Karena Pelabuhan Dibereskan

Jakarta -Badan Usaha Milik Negara (BUMN) operator pelabuhan, PT Pelindo (Persero) sedang melakukan pengembangan dan penataan pada pelabuhan-pelabuhan barang yang berada di bawah naungannya. Salah satunya adalah menata dan mengembangkan Pelabuhan Kalibaru atau New Priok di Jakarta Utara.

Direktur Utama Pelindo II RJ Lino menerangkan melalui aktivitas penataan dan pengembangan pelabuhan bisa berdampak positif terhadap perekonomian. Kondisi pelabuhan bisa menyumbang angka pertumbuhan ekonomi nasional.


"Kalau pelabuhan Indonesia bisa ditingkatkan produktivitasnya. Itu bisa menambah

pertumbuhan ekonomi sampai 0,31%. Misal ekonomi tumbuh 5% itu bisa jadi 5,31%. Itu hanya gara-gara pelabuhan dibereskan," kata Lino kepada detikFinance Sabtu (23/8/2014).


Tidak berhenti di situ, jika standar penataan dan pengembangan mengacu pada Pelabuhan Singapura maka pengaruh terhadap angka pertumbuhan ekonomi bisa lebih tinggi.


"Kalau pelabuhan sama dengan Singapura bisa tambah 0,78%," jelasnya.


Lino memandang tidak ada persoalan di dalam pembiayaan dan teknologi untuk penataan dan pengembangan pelabuhan barang. Persoalannya adalah tinggal kesediaan untuk bekerja keras membangun pelabuhan berstandar internasional.


"Meningkatkan itu nggak susah. Itu masalah mau dan nggak," katanya.


(feb/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!