Jokowi: 70% Subsidi BBM Dinikmati Orang yang Memakai Mobil

Jakarta -Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) akan mengalihkan anggaran subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk memajukan sektor-sektor produktif yang menggerakkan roda perekonomian‎. Saat ini, opsi kenaikan harga BBM subsidi masih dikalkulasi lebih lanjut.

"‎Masih dalam tahap kalkulasi," kata Jokowi di Masjid Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (24/8/2014).


Anggaran subsidi BBM‎ bakal dialihkan ke sektor usaha produktif karena selama ini 70% subsidi BBM dinikmati oleh orang-orang mampu.


Jokowi mengakui ada keterbatasan ruang fiskal pada APBN 2015 untuk mengakomodasi anggaran subsidi BBM seperti yang selama ini digelontorkan setiap tahun.


"‎Yang jelas memang ruang fiskal yang ada tak memungkinkan kita membangun secara cepat. Jadi kita harus tahu subsidi BBM itu dinikmati 70% yang memakai mobil," katanya.


Terkait pengalihan anggaran subsidi BBM untuk usaha produktif, menurut Jokowi usaha produktif antara lain usaha rakyat, meliputi ekonomi petani, nelayan, hingga Usaha Kecil Menengah (UKM).


"Harus masuk usaha produktif, bukan subsidi untuk kenikmatan," papar Jokowi.


(dnu/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!