Situs Error, Pendaftaran CPNS Disebut Baru Bisa 23 Agustus

Jakarta -Memasuki hari kedua, pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) secara online masih belum terlaksana. Situs https://panselnas.menpan.go.id/ tidak bisa dikunjungi dalam dua hari terakhir.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) Herman Suryatman mengatakan, kemungkinan masyarakat baru bisa benar-benar melakukan pendaftaran pada 23 Agustus mendatang. Atau hari keempat setelah jadwal pembukaan pendaftaran.


"Sebenarnya dari tanggal 20 Agustus kemarin masyarakat sudah bisa mendaftar. Tetapi memang kondisinya sangat padat. Kemungkinan bisa benar-benar normal di hari ke-4," ujar Herman kepada detikFinance, Kamis (21/8/2014).


Herman mengatakan, tingginya antusiasme masyarakat ini menyebabkan server tidak bisa menampung jumlah kunjungan yang begitu deras. "Banyak yang buka, yang buka pun belum tentu mendaftar. Ini yang menyebabkan sistem kita tidak kuat," tuturnya.


Hingga pukul 02.00 WIB hari ini sudah ada 5 juta kunjungan. "Sampai sekarang mungkin sudah tembus 10 juta. Makanya server kita bisa sampai down," kata Herman.


Hal seperti ini, lanjut Herman, biasa terjadi pada awal-awal pendaftaran. "Dari pengalaman tahun sebelumnya, ini biasa terjadi di tiga hari pertama. Ini hal yang wajar seperti pengalaman kita tahun sebelumnya. Masyarakat euforia, jadi semua membuka," sebutnya.


Atas masalah yang terjadi dalam dua hari terakhir, Kemen PAN-RB meminta maaf kepada masyarakat atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan. "Kami minta maaf, bukan bermaksud menghalang-halangi yang ingin mendaftar. Namun memang antusiasme tinggi," katanya.


Menurut Herman, calon pendaftar tidak perlu panik karena Kemen PAN-RB terus mempercepat proses perbaikan. "Kami tetap bekerja keras supaya masyarakat bisa segera nyaman melakukan pendaftaran," tuturnya.


(hds/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!