Jamin Kelancaran Sail Raja Ampat, PLN Siagakan 8 Genset

Jakarta -PT PLN (Persero) menyediakan 8 unit generator (mesin diesel) dengan total kapasitas 1.965 Kilo Watt (KW) untuk mendukung penyelenggaraan acara puncak Sail Raja Ampat, Papua.

Pada acara puncak Sail Raja Ampat hari ini, dihadiri oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. GM PLN Wilayah Papua & Papua Barat (WP2B) Robert Sitorus menjelaskan sejak beberapa waktu lalu, PLN telah siaga memenuhi kebutuhan listrik Sail Raja Ampat.


"Khusus untuk mensukseskan kegiatan Sail Raja Ampat di Waisai ini, PLN menurunkan 15 petugas teknis dan menyiapkan 8 unit mobile genset yang digunakan untuk memasok listrik di 4 titik pusat kegiatan, dengan total kapasitas mencapai 1965 kW" kata GM PLN WP2B Robert Sitorus dalam siaran pers Sabtu (23/8/2014).


Beban puncak listrik di Waisai saat ini adalah 2,9 Mega Watt (MW) dengan jumlah pelanggan 2.300. Listrik di Ibukota Kabupaten Raja Ampat tersebut hingga saat ini masih dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Raja Ampat atau menganut sistem swakelola.


Sedangkan listrik yang dikelola oleh PLN memanfaatkan PLTD kecil dan PLTS berkapasitas 40 kWp. Robert menerangkan penyediaan 8 unit genset tersebut merupakan wujud dukungan perseroan untuk kesuksesan acara Sail Raja Ampat.


"PLN berkomitmen untuk mendukung kesuksesan kegiatan puncak acara dari Sail Raja Ampat tahun 2014 ini dengan menjaga kelangsungan pasokan listrik selama kegiatan berlangsung," terangnya.


Ke-8 unit mobile genset disiapkan PLN untuk 4 titik lokasi acara Sail Raja Ampat 2014, yaitu sebagai berikut:



  • 3 unit di Pantai Waisai (Lokasi Puncak Acara Sail Raja Ampat) : 2x500 kW + 1x100 kW

  • 2 unit di Lapangan Sepakbola Waisai (Lokasi Expo) : 1x250 kW + 1x100 kW

  • 2 unit di Wisma Negara (Lokasi Penginapan Presiden & Tamu VVIP) : 2x100 kW+ UPS

  • 1 unit di Gedung Pari (Lokasi Acara Ramah Tamah) : 1x315 kW


(feb/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!