Pengusaha Kapal: Makin Banyak Pelabuhan, Semakin Baik

Jakarta -Pengusaha kapal yang tergabung di dalam Indonesian National Shipowner Association (INSA) memandang positif rencana pemerintah membangun Pelabuhan Cilamaya di Karawang, Jawa Barat. Adanya Pelabuhan Cilamaya bisa membuat tarif pelabuhan semakin kompetitif.

"Dalam konsep logistik, semakin banyak pelabuhan, semakin baik karena biaya semakin kompetitif akibat dari adanya kompetisi di pelabuhan," kata Ketua Umum INSA Carmelita Hartoto kepada detikFinance Sabtu (23/8/2014).


Saat ini, Carmelita menilai pengusaha kapal tidak memiliki pilihan selain menuju Pelabuhan Tanjung Priok. Akibatnya pengusaha kapal hanya pasrah saat operator pelabuhan menaikkan tarif.


"Sekarang kapal tidak punya pilihan selain di Tanjung Priok, padahal tarif di pelabuhan tersebut cenderung meningkat," jelasnya.


Pelabuhan baru sudah saatnya dibangun sebagai alternatif pendukung Pelabuhan Priok. Meski PT Pelindo II (Persero) tengah membangun Pelabuhan Kalibaru atau New Tanjung Priok namun kemacetan pada area pelabuhan sudah sangat memprihatinkan.


"Letak Tanjung Priok yang di tengah-tengah kota memberikan dampak buruk bagi peningkatan daya saing industri dan memperburuk kemacetan lalu lintas sehingga kerugian sosial. Contohnya, biaya logistik yang mahal," paparnya


Wanita yang akrab disapa Memey ini menyebut adanya pelabuhan baru juga bisa memicu pertumbuhan dan pemerataan ekonomi kawasan.


"Pembangunan pelabuhan harusnya jalan terus agar ekonomi terus bergerak. Sekarang saja, arus barang berpotensi stagnasi kalau Pelabuhan Kalibaru tidak jadi," katanya.


(feb/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!