Begini Caranya Menyiapkan Modal Usaha Setelah Kuliah

Jakarta -Pertanyaan dari Pembaca: Halo. Nama saya Aldio, saat ini saya berumur 18 tahun dan sedang berkuliah.

Untuk saat ini dana yang saya miliki berasal dari kiriman orang tua sebesar Rp 3,5 juta per bulan dan saya sadari lebih dari cukup.


Yang ingin saya tanyakan adalah bagaimana strategi untuk merencanakan keuangan agar dalam waktu 4-5 tahun ke depan saya dapat memiliki modal untuk menciptakan suatu usaha kelas kecil-menengah.


Saya juga menaruh dana Rp 10 juta di reksa dana saham, dalam jangka waktu 4-5 tahun apakah sebaiknya dana tersebut saya tarik dan di simpan dalam bentuk tabungan?


Terima kasih


Jawaban:

Dari uang saku yang diberikan orang tua, apabila memungkinkan, coba investasikan setidaknya sebesar 20%. Sehingga, Anda bisa mulai berinvestasi Rp 700.000 ke produk investasi.


Untuk modal usaha yang direncanakan tersedia dalam jangka waktu 5 tahun lagi, maka jenis reksa dana yang dapat dipilih adalah reksa dana campuran dengan potensi imbal hasil dan potensi risiko yang sedang.


Saat ini, secara historis, variasi potensi imbal hasil untuk reksa dana campuran antara 10-15% per tahun. Sehingga, apabila Anda disiplin berinvestasi sebesar Rp 700.000 per bulan ke reksa dana campuran dengan potensi imbal hasil 10% per tahun, secara matematis 5 tahun lagi Anda akan memiliki dana sebanyak Rp 54,6 juta. Jumlah ini masih bisa ditambah dengan saldo Anda di reksa dana saham untuk memulai modal usaha kecil.


(ang/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!