Tiga Instansi Ini Dorong Pengembangan Kapasitas Pelaku KUKM

Bogor -Bekerjasama dengan PT Trans Retail Indonesia, Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (SMESCO) menggelar Program Peningkatan Kapasitas Pelaku Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (KUKM).

Selain PT Trans Retail Indonesia, SMESCO juga menggadeng Yayasan Duta Bangsa dan Bank Mega Syariah. Kolaborasi pihak-pihak ini akan memberikan paket pembekalan lengkap kepada para pelaku KUKM peserta pelatihan ini.


Direktur Marketing Duta Bangsa Ferdinand Damita mengatakan, dalam pelatihan ini pihaknya memberikan pembekalan dan pengembangan keterampilan dalam membentuk mental usaha para pelaku KUKM yang kuat dan berkualitas.


"Bicara KUKM, bukan hanya bicara kesulitan modal. Tapi juga bicara pengembangan pola pikir serta pengembangan mental usaha yang mandiri dan berdaya saing. Itu hal mendasar yang harus terlebih dahulu dibangun agar KUKM kita dapat bersaing di pasar modern," papar Ferdinand kepada detikFinance di Grand Smesco Hill, Bogor, Selasa (26/8/2014).


Ferdinand mengatakan, setiap harinya akan dibahas topik-topik dasar yang perlu diketahui pelaku KUKM agar produknya dapat bukan hanya masuk di pasar modern, tetapi juga bersaing dengan produk serupa dari pelaku usaha di level yang lebih tinggi.


Ada pun topik pengembangan yang akan diterima peserta meliputi pelatihan dan motivasi untuk meraih sukses, konsep pengembangan usaha, serta manajemen dan akses jasa keuangan. Ada pula pembekalan untuk pengembangan kualitas produk dari mulai pengemasan, higienitas, kualitas, dan kuantitas.


"Ada pula pemberian informasi perihal pengurusan izin BPOM, Sertifikasi Izin Halal, dan lain sebagainya," sambung dia.Next


(hds/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!