Berapa Uang yang Harus Ditabung dari Gaji Rp 3 Juta/Bulan?

Jakarta -Pertanyaan dari Pembaca: Saya Tika, karyawati yang bekerja di sebuah perusahaan swasta dan saya single. Gaji saya Rp 3 juta per bulan di mana saya alokasikan Rp 1 juta untuk memberi kepada orang tua saya dan Rp 2 juta saya gunakan untuk kebutuhan sehari-hari tetapi tidak ada rincian pastinya.

Biaya untuk kebutuhan ongkos dan makan per minggunya kira-kira mencapai Rp 150.000/minggu jika dengan jumlah segitu seharusnya saya hanya mengeluarkan uang Rp 600.000/bulan dari total sisa gaji saya.


Tapi selalu saja ada hal yang membuat saya mengeluarkan uang lebih setiap minggunya, sehingga sampai saat ini saya tidak mempunyai tabungan sama sekali.


Yang ingin saya tanyakan, apa yang harus saya lakukan agar bisa menahan hasrat belanja, main dan jajan saya, hasrat untuk menggunakan uang gaji terlalu berlebihan dan saya juga sering berpikir bahwa saya masih single dan masih sah untuk berhura-hura menggunakan semua gaji saya.


Jujur, sebenarnya saya ingin sekali berhemat tetapi sangat sulit apakah mungkin ini faktor dari lingkungan? Bagaimana solusinya agar saya bisa memiliki dan bisa menyisihkan gaji saya setiap bulannya?


Terima kasih.


Jawaban:

Dear mbak Tika,

Hal yang Anda lakukan masih tergolong wajar. Anda hanya menghitung kebutuhan untuk ongkos dan makan, sedangkan setelah bekerja seminggu penuh tentunya kita butuh hiburan. Next


(ang/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!