Bakrieland Tawarkan Tanah 600 Hektar di Sentul Untuk Bayar Utang

Jakarta - PT Bakrieland Development Tbk (ELTY) menawarkan aset berupa tanah di kawasan Sentul Nirwana, Bogor, seluas 600 hektar untuk pembayaran utang obligasinya yang akan jatuh tempo pada 2015 mendatang.

Opsi itu dipilih lantaran saat ini perseroan hanya punya kas bebas sebesar Rp 300 miliar. Besaran uang itu tidak mampu untuk menutupi utang kepada para kreditur yang sebesar Rp 1,5 triliun.


"Total aset per Juni 2013 sekitar Rp 16 trilun tapi kan yang dilihat adalah free cash. Kewajiban kita kan bukan hanya ke sana. Nanti kalau bayar ini semuanya, tidak bisa membayar kewajiban lain, bisa default lagi, maka kita tawarkan tanah, mari kita kelola sama-sama," kata Direktur Utama ELTY Ambono Janurianto dalam media briefing dengan manajemen ELTY terkait proses hukum PKPU di Hotel Aston Rasuna Epicentrum, Kuningan, Jakarta, Senin (16/9/2013).


Dia menjelaskan, lahan di Sentul Nirwana, Bogor merupakan aset yang punya prospek bisnis menguntungkan sehingga jika pembayaran utang obligasi melalui tanah ini juga akan memberikan nilai lebih kepada para kreditur.


"Ini aset yang bagus loh. Tanah di Sentul Nirwana ini sangat prospektif. Kita jaminkan aset tanah, nanti jika dikelola nilainya akan lebih dari nilai utang saat ini," katanya.


Saat ini, Ambono menyebutkan, pihak Bakrieland masih punya sekitar 2.000 lahan kosong (land bank) yang tersebar di beberapa wilayah seperti Bogor, Sentul, Surabaya, Lampung, dan Gatot Subroto Jakarta.


"Tapi aset-aset ini kan nggak serta-merta kita jual untuk bayar utang semuanya, nggak bisa begitu," ujar dia.


(drk/ang)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!