Produksi Kedelai dan Jagung Diprediksi Anjlok Tahun Ini

Jakarta - Produksi kedelai dan jagung diprediksi bakal anjlok pada tahun ini. Hal ini mengacu pada prediksi atau angka ramalan (Aram) terbaru.

Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian, Unhoro Kasih Anggoro mengatakan berdasarkan data Aram I dan II beberapa daerah meyakini Aram II untuk padi naik, tetapi jagung turun dan Aram II untuk kedelai lebih turun lagi.


"Melihat tren pergerakan Aram I dan Aram II untuk Padi naik, tetapi untuk jagung turun dan kedelai lebih turun lagi," ungkap Anggoro dalam rapat Sinkronisasi Program dan Kegiatan Pembangunan Tanaman Pangan Tahun 2013, di Hotel Ciputra, Senin (16/9/2013).


Dalam rapat dengan seluruh Kepala Dinas Pertanian, untuk produksi padi yang Aram II mengalami penurunan hanya ada di daerah Kalimantan Selatan, Bali dan NTT. "Saya tanya (kepada kepala dinas pertanian) yang Aram II untuk padi daerah mana yang turun? Kalsel, Bali dan NTT," ucapnya.


Untuk Aram II untuk produksi jagung yang mengalami penurunan setidaknya ada 13 daerah. "Diantaranya Jawa Timur, Lampung, Kalsel, Bali, Maluku, Babel dan beberapa daerah lainnya," ungkapnya.


Sedangkan untuk produksi Aram II kedelai yang diakui kepala dinas pertanian yang tidak mencapai target ada beberapa daerah seperti Jawa Timur, Lampung, Kalsel, Bali, Sumsel dan banyak lagi.


Namun ketika ditanya daerah mana yang target produksi tanaman pangannya tidak mencapai target tahun ini? para kepala dinas pertanian tampak malu-malu mengacungkan tangan, ada yang terlihat ingin mengacungkan tangan namun tak jadi.


(rrd/hen)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!