Berawal dari Kepepet, Septian Ciptakan Sabun 'Ajaib' Serba Guna

Jakarta -Kondisi kepepet kadangkala menjadi titik awal bagi seseorang untuk maju dan menghasilkan karya inovatif. Bahkan karya itu bisa jadi sebuah bisnis yang bisa menambah pundi-pundi keuangan.

Hal ini lah yang dilakukan Septian Suryo (25) dari Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar. Ia mendirikan Cv Sefactor Pharma, sebuah usaha pembuatan sabun pembersih multi fungsi.


"Ini adalah sabun cuci multiguna bisa untuk tangan piring pakaian motor dan mobil. Produk ini kami pastikan aman meskipun bisa untuk banyak hal," katanya kepada detikFinance, di sela-sela acara Wirausaha Muda Mandiri, di Istora, Senayan, Jakarta Rabu (15/1/2014)


Septian menceritakan awalnya bisnisnya ini hanya untuk tugas kampus yang ia ciptakan sendiri. Produk sabunnya ini meskipun multi fungsi namun tidak bsa digunakan di badan dan rambut.


"Awalnya penciptaan produk ini karena terdesak. Awalnya kami membuat produk terpisah baik untuk cuci tangan maupun untuk cuci perabot rumah tangga. Karena desakan customer dan kami sudah janji juga," katanya.


Padahal waktu itu menurut Septian, ia memiliki waktu yang mepet dan tenaga kerja yang terbatas bahkan dengan permintaan sabun yang lebih banyak. Dari sinilah, memutar otak untuk cari cara melayani mereka dengan menciptakan produk sabun yang multiguna.


"Usaha ini sudah berjalan selama dua tahun. Pemasaran saat ini masih di sekitar Makassar," katanya.Next


(hen/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!