Bosowa Ingin Kuasai Bukopin

Jakarta -Bosowa Group berniat membeli 1,45 miliar saham PT Bank Bukopin Tbk (BBKP) dari Koperasi Pegawai Bulog Seluruh Indonesia (Kopelindo). Dengan akuisisi ini Bosowa akan menjadi pemegang saham mayoritas Bukopin dengan kepemilikan 30%.

Setelah akuisisi rampung Bosowa akan menjadi pemegang saham pengendali menggantikan Kopelindo. Dulu Kopelindo menguasai 29,52% saham BBKP, sedangkan Bosowa 18,57%.


Seperti dikutip dari keterangan tertulis perseroan, Senin (7/4/2014), aksi korporasi ini merupakan lanjutan dari perjanjian pengikatan jual beli saham (PPJBS) antara Bosowa dan Kopelindo pada 29 November 2013 silam.


Minimal saham yang akan diambil alih Bosowa sebanyak 1,034 miliar lembar. Sayangnya, belum disebutkan nilai dari akuisisi tersebut baik itu totalnya maupun nilai saham per lembar. Bosowa akan menggunakan dana internal dalam aksi korporasi ini.


Bank swasta tersebut berniat menggelar rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) pada 22 Mei 2014 mendatang untuk meminta persetujuan akuisisi ini.


(ang/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!