Mendag Lutfi Sebut RI Eksportir 20 Besar Dunia Hingga Ekonomi Terbesar ke-16

Jakarta -Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi menegaskan kondisi ekonomi Indonesia kini terus bangkit setelah terpuruk akibat krisis. Bahkan Indonesia menempati sebagai negara eksportir dan ekonomi yang masuk 20 besar di dunia.

"Jadi ekonomi Indonesia sudah bangun tidur sejak krisis lalu dan sekarang ekonomi kita nomor 16 dunia," kata Lutfi saat ditemui di Kantor Pusat Pelindo II, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Senin (7/04/2014).


Untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia, yang harus disiapkan adalah infrastruktur serta sarana dan prasaran baik airport (bandara) maupun pelabuhan. "Airport kita (Bandara Soekarno-Hatta) ini terbesar ke-8 di dunia dengan melayani 60 juta orang/tahun. Pelabuhan adalah target berikutnya," imbuhnya.


Menurut Lutfi sudah seharusnya kondisi pelabuhan yang ada di Indonesia perlu ditingkatkan. Hal ini disebabkan seiring peningkatan arus bongkar muat barang. Lutfi mencontohkan salah satu arus bongkar muat yang kondisinya cukup pesat saat ini adalah ekspor otomotif.


"Ingat Jepang saat ini sudah berinvestasi hingga US$ 4,7 miliar. Dari jumlah itu yang investasinya paling besar seperti Toyota dan Daihatsu. Bahkan produksi mobil Daihatsu di Indonesia ini jauh lebih besar bila dibandingkan produksi di Jepang itu sendiri. Peningkatan produksi akan terjadi pada tahun 2016 on board dan tentu saja diekspor," imbuhnya.


Selain sektor otomotif, ekspor Indonesia juga ditopang oleh komoditas lain, sehingga perlu dukungan pelabuhan yang baik untuk memperlancar arus ekspor barang.


"Kita ini adalah eksportir terbesar nomor 20 (US$ 190-200 miliar) di dunia. Ingat kita juga eksportir sawit nomor satu dunia, kopi nomor lima di dunia dan coklat nomor tiga di dunia. Saya ingin pelabuhan Indonesia lainnya juga lebih ditingkatkan perananya. Tugas utama port (pelabuhan) Indonesia adalah untuk menghubungkan ekonomi Indonesia dan dunia," jelasnya.


(wij/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!