Ada 76 Bank Bermodal Cekak di Indonesia

Jakarta -Jumlah perbankan di Indonesia terbilang banyak mencapai 119 bank. Dari angka tersebut, terdapat 76 bank di Indonesia memiliki keterbatasan modal dan profitabilitas yang rendah. Bank-bank tersebut membutuhkan peningkatan modal dan perbaikan kinerja.

Pengamat senior bidang ekonomi dan perbankan Aviliani mengungkapkan, atas bank-bank inilah konsolidasi menjadi hal penting. Sebab, diprediksi bakal muncul berbagai persoalan jika bank-bank berkinerja buruk itu dibiarkan.


"Konsolidasi perlu dilakukan. Perbankan kita jumlahnya banyak. Banyak juga bank-bank yang modalnya terbatas jadi perlu peningkatan modal dan perbaikan kinerja," kata Aviliani saat acara seminar 'Konsolidasi Perbankan Menghadapi MEA 2020,' di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa (26/8/2014).


Dia mengungkapkan, berdasarkan pengalaman di berbagai negara, kelompok perbankan baru yang terbentuk hasil konsolidasi perlu memiliki struktur modal yang lebih kuat dan aset yang lebih besar.


Saat ini, dia menyebutkan, terdapat 8 bank yang memiliki modal di atas Rp 10 triliun dan 100 bank yang memiliki modal di bawah Rp 10 triliun yaitu 10 bank bermodal Rp 5-10 triliun, 6 bank bermodal Rp 3-5 triliun, 31 bank bermodal Rp 1-3 triliun, dan 54 bank bermodal di bawah Rp 1 triliun.


"Kalau asing dibatasi 40% apakah kita bisa memenuhi permodalan. Kalau menolak asing dari mana donk permodalan kita. Asing boleh masuk tapi dengan berbagai persyaratan, mungkin asas resiprokal juga harus ada," terang dia.


(drk/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!