Nasabah Kaya Pegadaian, Sekali Transaksi Emas Rp 100 Juta Lebih

Jakarta - PT Pegadaian (Persero) tak hanya melayani gadai barang emas dan sebagainya, perseroan juga melayani penjualan logam mulia. Layanan ini banyak dimanfaatkan oleh banyak kalangan termasuk nasabah kaya.

Misalnya Kantor Cabang Pegadaian Senen, Jakarta Pusat untuk hari ini saja dan satu nasabah tercatat sudah melakukan transaksi sebesar Rp 135.321.400 atau senilai 270 gram.


"Orang Jakarta ternyata kaya-kaya ya. Satu orang saja transaksinya segitu," kata Kepala Cabang PT Pegadaian (Persero) Pasar Senen Arief Rinardi Sunardi kepada detikFinance, di Kantor Cabang Pasar Senen, Jakarta Pusat, Selasa (14/5/2013).


Menurutnya permintaan emas saat ini terus meningkat. Tercatat, selama Januari hingga April 2013 saja, transaksi emas di Cabang Senen, sudah mencapai 6.208 gram dengan nilai Rp 3,4 miliar.


Angka itu lebih tinggi dari transaksi periode yang sama tahun sebelumnya yang hanya Rp 1 miliar atau sebesar 1.965 gram. "Permintaan banyak. Masyarakat banyak menginvestasikan dananya ke emas," katanya.


Terkait hal itu, pihaknya terus mencoba untuk memenuhi permintaan emas dengan mengeluarkan emas logam mulia produksi Pegadaian. Menurutnya, emas dipilih karena harga emas cenderung naik dari tahun ke tahun.


"Karena permintaan banyak, membludak, jadi kita coba atasi itu dengan buat emas sendiri sehingga nantinya juga bisa jadi pilihan masyarakat," terangnya.


Ia menambahkan, bersama Peruri pihaknya bekerjasama mengeluarkan emas logam mulia produksi pegadaian yang nantinya direncanakan harganya lebih murah dari harga emas Antam.


"Kita masih proses itu. Harga emas kita nantinya lebih rendah karena biaya produksinya juga lebih rendah karena bahannya dari sendiri. Kalau yang Antam harganya kan sudah ditentukan dari sana," kata Arief.


(hen/hen)