Bos HSBC Isyaratkan PHK Lagi Ribuan Karyawan

London - Pihak HSBC berencana mengurangi jumlah karyawan lebih banyak lagi untuk melakukan penghematan anggaran. Bisa ada ribuan karyawan lagi yang dipangkas.

Sejak 2011 sampai 2012, bank ini telah memangkas 46 ribu karyawannya. Hasilnya, tahun lalu diperoleh penghematan US$ 4 miliar atau sekitar Rp 38 triliun.


Melihat positifnya hasil tersebut, pada 2014-2016 HSBC beencana untuk mendapatkan lagi penghematan anggaran US$ 2 miliar sampai US$ 3 miliar.

Saat ditanyai wartawan, Presiden Direktur HSBC Stuart Gulliver mengatakan, di 2016, jumlah karyawan HSBC kan mencapai 240 ribu-250 ribu, dari jumlah saat ini 254 ribu karyawan. Berarti ada pemangkasan hingga 14 ribu karyawan di seluruh dunia.


"Kami telah mentransformasi HSBC pada fase pertama dari strategi kami. Kami telah mengumumkan berhasil menghemat US$ 4 miliar dari restrukturisasi yang dilakukan," ujar Gulliver dikutip dari AFP, Rabu (15/5/2013).


Pekan lalu, HCBS telah mengumumkan labanya untung US$ 6,35 miliar atau naik dua kali lipat dari periode yang sama tahun sebelumnya. Ini karena berkurangnya kredit macet, penghematan biaya, dan solidnya kinerja di Inggris dan Hong Kong.


Tahun lalu, laba bank ini jatuh 16,5% karena tertimpa kasus pencucian uang (money laundering) di AS yang menyebabkan HSBC terkena sanksi.


(dnl/hen)