Airport Tax RI Lebih Mahal Daripada Malaysia

Jakarta -Tarif passenger service charge (PSC) atau familiar disebut dengan airport tax untuk bandara Indonesia lebih mahal daripada bandara di Malaysia.

Contohnya di Bandara Internasional Soekarno Hatta, penumpang membayar airport tax penerbangan domestik senilai Rp 40.000. Sedangkan di Kuala Lumpur International Airport, penumpang hanya membayar airport tax 9 ringgit atau setara Rp 31.500 untuk rute domestik.


"Di malaysia airport tax lebih murah," kata Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi kepada detikFinance, Sabtu (29/3/2014).


Lebih murahnya airport tax di Malaysia daripada bandara di Indonesia bukan tanpa alasan. Pemerintah Malaysia membiayai pendirian dan pengembangan bandara komersial akibatnya penumpang hanya dibebankan biaya operasional oleh operator bandara.


Sedangkan di Indonesia, pengembangan dan pembangunan bandara komersial dibebankan kepada

investor atau operator bandara, yakni PT Angkasa Pura I dan II. Akibatnya, Angkasa Pura membebankan pengembalian investasi dan biaya operasional kepada pengguna jasa bandara.


"Bandara di Malaysia dibangun oleh pemeritah sehingga konsumen hanya bayar biaya operasional," sebutnya.


Diakui Tulus, kebijakan penentuan airport tax di setiap negara berbeda-beda.


"Di Inggris aiport tax sampai Rp 1 juta lebih. Ukuran luar negeri itu airport tax Indonesia murah. Di Kamboja airport tax Rp 200 ribu karena masing-masing punya kebijakan sendiri," terangnya.


Namun pembayaran airport tax di luar negeri sudah termasuk ke dalam tiket. Akibatnya penumpang tidak merasa ada tambahan biaya. Sedangkan di Indonesia baru maskapai Garuda Indonesia dan Citilink yang

memasukkan airport tax ke dalam tiket.


"Airport tax itu harus include tiket. Sehingga konsumen nggak ada berpikir ada komponen biaya lain. Itu sudah dimulai di Garuda dan Citilink," jelasnya.


(feb/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!