Saham IPO Induk ANTV Dihargai Rp 1.380, Bidik Rp 541 Miliar

Jakarta -PT Intermedia Capital Tbk (IMC) induk usaha ANTV, telah memperoleh pernyataan efektif untuk pelaksanaan Penawaran Umum Perdana Saham alias initial public offering (IPO) dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Harga saham perdana perseroan sebesar Rp 1.380 per lembar.

Salah satu perusahaan Grup Bakrie itu akan melantai di bursa dengan kode saham MDIA. Pernyataan efektif ini akan dilanjutkan dengan menggelar masa penawaran umum yang dijadwalkan selama tiga hari yakni tanggal 2 sampai 4 April 2014.


"Proses bookbuilding berlangsung lancar dengan hasil yang sangat positif. Kami targetkan, pencatatan saham di Bursa Efek Indonesia dilakukan pada tanggal 11 April 2014," kata Presiden Direktur IMC Erick Thohir, dalam siaran pers, Jumat (28/3/2014).


Dalam proses IPO ini, IMC menunjuk PT Ciptadana Securities, PT Sinarmas Sekuritas, dan PT Kresna Graha Sekurindo. Erick menyatakan, respons pasar sangat positif terhadap IPO ini karena apresiasi dan kepercayaan investor yang tinggi terhadap kinerja bisnis IMC beberapa tahun terakhir. Selain itu, kata Erick, masa depan pertumbuhan industri media Indonesia masih sangat menjanjikan.


"Penggunaan dana hasil IPO yang diajukan manajemen diyakini akan meningkatkan nilai IMC bagi pemegang saham, serta manfaatnya kepada masyarakat," kata Erick.


Dalam IPO ini, total dana yang akan diperoleh IMC akan dapat mencapai Rp 541,173 miliar. Dananya akan digunakan untuk pengembangan dan belanja modal perseroan seperti pembangunan fasilitas studio yang terintegrasi, pembayaran sebagian utang kepada VIVA dan memperkuat modal kerja.


Saat ini IMC memiliki 99,99% saham ANTV dan sudah mentransformasi ANTV menjadi stasiun TV yang fokus pada program hiburan gaya hidup dan anak-anak pada 2009.


Selama tiga tahun terakhir pendapatan IMC tumbuh dari Rp 440,2 miliar (2010), Rp 486,3 miliar (2011) ke Rp 610,8 miliar (2012).


(ang/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!