Ini Alat Pengawet Susu Harga Terjangkau, Setara Teknologi UHT Miliaran Rupiah

Jakarta -Susu Listrik (Sulis) adalah sebuah alat yang berfungi untuk menonaktifkan mikroorganisme dalam susu serta mengawetkan susu sapi segar lebih lama. Alat produksi anak negeri ini murah namun setara dengan teknologi Ultra Hight Temperature (UHT) yang harganya miliaran rupiah.

Penemu Sulis, Hadi Apriliawan mengatakan bahwa ide awal dari pembuatan alat ini awalnya adalah dari pengalaman keluarga yang sebagian besar merupakan peternak sapi perah.


"Orangtuaku peternak, 98% keluargaku peternak sapi perah jadi dari kecil saya sudah tahun bagaiman suka dukanya menjadi peternak sapi perah. Waktu itu diberikan amanat orang tua untuk membuat alat yang bisa mengawetkan susu," katanya saat ditemui di Agrinex Expo di JCC Jakarta (29/3/2014).


Dia menceritakan bahwa peternak sapi perah kendalanya adalah susu yang diperahnya pada pagi hari maka pada sore hari akan basi sehingga susu yang diperah harus segera dijual ke industri besar agar tidak basi.


Permasalahannya adalah harga susu sapi untuk industri sangat rendah, biasanya hanya dihargai Rp 2-4 ribu per liternya sementara jika dijual sendiri ke ke toko-toko atau suplier harganya bisa sampai Rp 10 ribu.


"Jadi ada masalah pagi diperah sore sudah jadi, sehingga mau nggak mau ibuku jual ke industri besar sehingga dijual per liter, dulu 1 liter 2,5 ribu, kalau dijual langsung ke toko harganya bisa 10 ribu," ujarnya.


Keunggulan dari Sulis adalah mampu menonaktifkan 99% mikroorganisme tanpa mengubah warna dan bau serta tidak merusak protein yang terkandung pada nutrisi susu. Ia menambahkan alat Sulis ini mampu membuat susu sapi segar tahan hingga 1 minggu dengan dimasukan di lemari pendingin, sementara tanpa alat ini hanya akan tahan 2 hari saja meskipun sudah dimasukan di lemari pendingin.Next


(ang/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!