Dahlan Iskan: Dua Jempol Untuk Pak Gita!

Jakarta -Saat menjabat sebagai Menteri Perdagangan, Gita Wirjawan membuat aturan yang mewajibkan ekspor timah batangan di Indonesia harus melalui bursa komoditi dan derivatif. Ini membuat harga timah dalam negeri meningkat.

Sebelumnya, Indonesia memakai acuan harga timah di London, Inggris untuk harga ekspornya. Menanggapi kebijakan Gita, Menteri BUMN Dahlan Iskan memuji kebijakan Gita tersebut.


"Pak Gita mewajibkan perdagangan timah melalui bursa timah. Dua jempol untuk Pak Gita. Itu mempengaruhi kekuatan Indonesia di pasar timah," kata Dahlan usai rapim di Graha Mandiri, Jakarta, Kamis (27/3/2014).


Stabilnya harga timah ini membuat kinerja keuangan BUMN PT Timah Tbk (TINS) ikut terangkat. PT Timah pada 2013 berhasil membukukan laba bersih Rp 515,102 miliar. Laba ini naik 19% dibandingkan pencapaian di 2012 yang senilai Rp 431,589 miliar.


"Labanya Rp 500 miliar di 2013 sehingga manajemen PT Timah luar biasa," sebutnya.


Sebelumnya, Sekretaris Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan Junaedi mengatakan, dengan memiliki bursa sendiri, Indonesia dapat menentukan harga ekspor timah di dunia. Membuat industri timah di Indonesia berkembang lebih baik.


"Produksi kita cukup besar, sehingga dengan punya bursa sendiri, Indonesia menjadi salah satu negara yang menentukan harga timah ekspor internasional," ucapnya.Next


(feb/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!