Ketua Kadin: Daripada JSS, Mending Bangun Kereta Cepat Jakarta-Surabaya

Jakarta -Rencana pebangunan proyek Jembatan Selat Sunda (JSS) yang menghubungkan antara Jawa dan Sumatera ini dianggap Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) masih belum perlu. Ada infrastruktur yang lebih diperlukan

Ketua Umum Kadin Suryo B. Sulisto menyatakan, saat ini masih banyak proyek infrastruktur yang lain yang lebih dibutuhkan daripada JSS.


"Penentuan prioritas, infrastruktur mana yang lebih penting kalau pendapat saya banyak yang lebih penting dibandingkan JSS," kata Suryo ditemui di Kantor Menara Kadin, Jakarta, Jumat (28/3/2014).


Suryo berpendapat, masih banyak proyek infrastruktur lain memiiki dampak kepada peningkatan pertumbuhan ekonomi Indonesia, dibandingkan pembangunan JSS yang menelan Rp 200 triliun. Dia memberikan contoh salah satunya kereta cepat Jakarta-Surabaya.


"Orang boleh saja beda pendapat. Kalau menurut saya banyak proyek infrastruktur yang lebih prioritas yang bisa memberikan dampak ekonomi lebih berdampak. Misal jalur kereta api yang lebih cepat Jakarta-Surabaya, bayangkan kalau ada kereta api Surabaya-Jakarta cepat seperti apa dampaknya. Kita harus tentukan mana yang membuat dampak pertumbuhan lebih cepat," ujarnya.


Kemudian, pembangunan infrastruktur di kawasan Indonesia Timur saat ini juga perlu ditingkatkan secara gencar. Karena infrastruktur jadi kunci mendorong pertumbuhan ekonomi.


"Ujung-ujungnya infrastruktur. Karena banyak perlu ditetapkan mana yang prioritas mana yang didahulukan. Menurut saya pelabuhan, pembangkit listrk, jalan kereta api," tambahnya.


Lebih lanjut, Suryo menjelaskan, perlu ada kebijakan yang mampu berkaitan dengan banyak sektor untuk mengembangkan perekonomian Indonesia, terlebih pada sektor kelautan dan perikanan.


"Ini kan kalau bicara investasi kapal dan industri bisa luar biasa. Perlu kebijakan yang menyangkut banyak sektor tidak bisa satu sektor saja lalu didukung," pungkas jelas Suryo.


(dnl/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!