Bandara Soetta Bisa Tampung 70 Juta Penumpang di 2017

Jakarta -Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) saat ini selalu penuh sesak sudah melebihi kapasitas yang seharusnya. Di tahun 2017, ditargetkan kapasitas bandara Soetta mencapai 70 juta penumpang setiap tahun.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Tri S Sunoko mengatakan, kapasitas bandara Soetta sekarang ini mencapai 22 juta orang per tahun. Masih jauh dibanding banyaknya penumpang yang ada yang mencapai 60 juta per tahun.


"Sekarang 22 juta kapasitasnya. Utilisasi sudah 60 juta, jadi sudah 3 kali lipat," kata Tri saat dihubungi detikFinance, Jumat (28/3/2014).


Saat ini, dikatakan Tri perseroan tengah merampungkan perluasan Terminal 3 bandara Soetta. Nantinya, dengan beroperasinya perluasan terminal tersebut, kapasitas bandara akan lebih ditingkatkan lagi.


"Nanti bisa menampung 50 juta orang per tahun. Masih kurang juga tapi sudah agak membantu. Memang bakal berjalan terus," jelasnya.


Diperkirakan pertumbuhan penumpang angkutan udara akan terus bertumbuh. Oleh karena itu, Tri mengatakan, AP II akan melakukan revitalisasi terminal 1 dan 2 bandara yang terletak di Tangerang, Banten itu.


"Nanti revitalisasi bisa menampung 70 juta, masih bisa bertahap, nanti nunggu terminal 3 selesai dulu, kurang lebih tahun 2016-2017. Terminal 3 kan selesai 2015," tambahnya.


Dari ke-13 bandara yang dikelola oleh PT Angkasa Pura II, Bandara Soetta memberikan kontribusi paling besar. Bandara ini mendapatkan untung Rp 2,09 triliun. Pemasukan paling besar berasal dari passenger service charge atau airport tax.


"PSC itu sekitar 50%, toko-toko 30% dan yang landing-lainding sekitar 20%," jelas Tri.


(zul/dru)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!