Produk-produk Apple Laris Manis, Foxconn Untung Rp 39 Triliun

Taipei -Raksasa teknologi Taiwan, Hon Hai Precision atau lebih dikenal dengan Foxconn, meraup untung TW$ 106,70 miliar (Rp 39 triliun) di akhir 2013. Angka ini naik 12,7% dibandingkan posisi tahun lalu periode yang sama TW$ 94,76 miliar.

Naiknya laba Foxconn itu berkat larisnya produk-produk Apple seperti iPhone 5s dan iPhone 5c yang diluncurkan September 2013 lalu. Foxconn selama ini merupakan produsen iPhone dan iPad terbesar di dunia.


Seperti dikutip dari AFP, Sabtu (29/3/2014), pendapatan Foxconn di akhir 2013 mencapai rekor tertinggi sepanjang masa yaitu sebesar TW$ 3,95 triliun, naik dari sebelumnya TW$ 3,91 triliun.


Sebanyak 40% omzet Foxconn berasal dari penjualan produk-produk Apple. Perusahaan teknologi asal California itu sudah menjual 51 juta iPhone dan 26 juta iPad sampai 28 Desember lalu, ditambah dengan 4,8 juta Mac.


Meski laba Foxconn tumbuh, analis memperkirakan adanya perlambatan di paruh pertama tahun ini. Setidaknya perlambatan ini akan terjadi sampai Apple merilis ponsel baru.


Apple sendiri dikabarkan baru akan merilis varian baru iPhone pada September mendatang. Ponsel yang diberi nama iPhone 6 ini kabarnya dirilis dalam dua versi yaitu layar 4,7 dan 5,5 inci, atau bahkan akhirnya hanya salah satu versi saja yang bakal dirilis.


Selain produk-produk Apple, Foxconn juga merakit dan memproduksi aneka produk untuk Sony dan Nokia. Foxconn punya satu juta karyawan di China, kebanyakan bekerja di pabrik terbesarnya yang berada di Shenzhen.


(ang/feb)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!