RI Punya Salak Langka, Idola Para Turis Asing

Jakarta -Indonesia mempunyai satu jenis salak langka yang hanya tumbuh dan berkembang di hutan Kalimantan. Namanya salak merah atau bahasa latinnya Salak Affinis. Sesuai namanya, buah salak ini berkulit merah.

"Namanya Salak Affinis atau salak merah karena berwarna merah," kata Divisi Bagian Produksi Tanaman dan Buah Taman Buah Mekarsari Junaedi saat ditemui detikFinance di sela-sela acara Agrinex yang bertempat di Jakarta Convention Center Senayan, Jakarta, Jumat (28/03/2014).


Junaedi menambahkan bila salak jenis ini hanya dapat ditemui di Hutan Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur. Adapun perbedaan salak Affinis dengan salak lainnya termasuk salak Indonesia yang cukup dikenal yaitu salak pondoh.


"Di Indonesia ada sekitar 5 spesies dengan 32 jenis salak termasuk salak pondoh. Salak Affinis tergolong salak langka. Perbedaannya salak ini tidak berduri. Struktur kulitnya halus dan daging buahnya lembek tidak seperti jenis salak lain yang keras dagingnya," imbuhnya.


Mekarsari sendiri telah membudidayakan salak jenis ini namun tidak mudah. Hingga sekarang, Mekarsari hanya mempunyai koleksi 10 pohon Salak Affinis. Belum banyaknya buah salak Affinis yang dihasilkan bila musim panen tiba membuat harga salak ini lebih mahal dibandingkan jenis salak lainnya.


"Salak Afinis harganya Rp 18.000 hingga Rp 35.000/kg sedangkan salak yang umum Rp 8.000 sampai Rp 12.000/kg. Kenapa mahal? Karena jumlahnya terbatas dan termasuk langka," tuturnya.


Menurut penuturan Junaedi, ternyata salak jenis ini yang paling diburu oleh para ekspatriat yang mampir ke Taman Buah Mekarsari. Mereka (ekspatriat) ingin mengetahui bentuk dan rasanya yang berbeda dengan jenis salak lain di Indonesia.


"Ekspatriat bila datang ke Mekarsari, buah yang dituju adalah Salak Affinis. Mereka bilang ini salak paling disukai. Ekspatriat yang biasa cari datang dari Prancis, Amerika, Jepang, Thailand, bahkan Malaysia," jelasnya.


(drk/dru)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!