Mobil Listrik RI Tak Didukung Pemerintah, Produk Jepang Bakal Merajai

Jakarta -Industri otomotif Jepang diramalkan bakal merajai produksi sektor mobil listrik dunia. Produsen mobil Jepang seperti Nissan dan Mitsubishi ternyata telah mengembangkan dan memproduksi mobil listrik atau electric car hingga ke luar negeri.

Untuk jawara mobil listrik, Nissan LEAF menjadi pemenangnya. Mobil ini telah diekspor ke Amerika hingga Eropa. Salah satu penemu mobil listrik asal Indonesia, Ricky Elson menyebut, bila mobil listrik buatan dalam negeri tak didukung penuh pemerintah, maka mobil listrik Jepang yang menyerbu pasar domestik.


"Pertama produsen terbesar itu Jepang. Nissan LEAF sudah diekspor ke Eropa. Kalau Jepang nggak perlu ditanya, di sana sudah matang ," kata Ricky kepada detikFinance, Jumat (28/3/2014).


Ricky mengakui, industri otomotif dan pemerintahan di negeri sakura sangat mendukung pengembangan mobil masa depan yang ramah lingkungan dan irit bahan bakar. Pasalnya, Jepang bukan merupakan penghasil energi minyak, sehingga harus mengurangi ketergantungannya.


"Mereka bersama-sama, nggak hanya dukungan, tapi ada sosialisasi pemerintah. Mereka ada produsen kendaraan," sebutnya.


Jepang saat ini sedang mengembangkan 2 varian mobil baru untuk masa depan, yaitu berteknologi hybrid dan yang berbahan bakar listrik.


"Sekarang Jepang ada 2 kebijakan. Empat produsen besar yakni Toyota, Honda, Nissan, dan Mitsubishi. Toyota dan Honda nggak pilih electric full, Mereka pilih hybrid," sebutnya.


Indonesia bisa melihat masa depan mobil listrik yang cerah sebagai peluang. Bila dikembangkan mulai saat ini, Ricky menegaskan Indonesia tidak akan tertinggal jauh dengan raksasa otomotif Jepang. Ricky mengaku harus ada dukungan maksimal dari pemerintah selaku regulator dan industri otomotif sebagai produsen mobil agar produk mobil listrik nasional bisa berkembang pesat.


"Pasti dimungkinkan, permasalahannya mau beranjak atau nggak," jelasnya


Ricky merupakan salah satu anggota putra petir. Putra petir merupakan pencipta purwarupa atau prototype mobil listrik asli produksi Indonesia. Mobil listrik yang dihasilkan Ricky adalah tipe sport car (selo) dan mini bus mewah (gendhis).


(feb/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!