Tanggapan Menristek Soal Ide Metro Kapsul Pemprov DKI

Jakarta -Pemprov DKI Jakarta sedang menjajaki kemungkinan moda transportasi terbaru metro kapsul. Metro Kapsul ini merupakan yang moda transportasi seperti monorel tetapi menggunakan roda layaknya MetroMini.

Menteri Riset dan Teknologi (Menristek), Gusti Muhammad Hatta menjelaskan bahwa para ahli-ahli yang ada di Kementrian Riset dan Teknologi (Kemenristek) sudah mengetahui tentang moda transportasi terbaru ini.


"Ahli-ahli kita sudah tau, kita memberikan masukan-masukan tapi sejauh mana dilibatkan akan terus mendukung," katanya saat ditemui usai pembukaan acara Pameran Agrinex Expo di JCC Jakarta (28/3/2014).


Gusti menambahkan bahwa menurutnya moda transportasi metro kapsul ini merupakan salah satu upaya untuk mengurai kemacetan-kemacetan yang ada di kota besar seperti Jakarta.


"Itu upaya-upaya untuk mengurangi kemacetan sebetulnya, soalnya kalau itu tidak disediakan transportasi masal nanti orang punya alasan memilih kendaraan pribadi," tambahnya.


Namun soal konsep teknis dari moda transportasi metro kapsul ini Gusti masih belum mengetahui secara pasti seperti apa moda transportasi itu. Menurutnya Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) sudah mengerti soal itu.


"Saya belum sampai kesana, saya bukan ahli di bidang itu mungkin yang ngerti yang bidang BPPT. Mereka dan BPPT selalu berdiskusi terus soal itu," pungkasnya.


(dru/dru)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!