PLN Minta Warga Matikan Listrik 1 Jam Dukung Earth Hour

Jakarta -PT PLN (Persero) mendukung kampanye Earth Hour atau program tidak memakai listrik selama satu jam untuk menghormati bumi. Acara ini digelar nanti malam di seluruh belahan dunia, termasuk Indonesia mulai pukul 20.30 sampai 21.30 waktu setempat. Earth Hour digagas oleh lembaga internasional WWF.

"Kita dukung. PLN memberi info ke unit-unit untuk matikan lampu-lampu saat Earth Hour ini," kata Senior Komunikasi Korporat PL PLN (Persero), Bambang Dwiyanto kepada detikFinance, Sabtu (29/3/2014).


Meski kampanye Earth Hour dinilainya kurang terlalu meriah dibandingkan tahun lalu, namun program Earth Hour bisa membuka kesadaran masyarakat tentang energi listrik yang belum menjangkau seluruh negeri.


"Bisa kampanyekan ke masyarakat. Listrik itu jumlahnya terbatas dan untuk Indonesia bisa mendukung program mendapatkan elektrifikasi (akses listrik). Elektrifikasi di Indonesia baru 80%, artinya 20% masyarakat Indonesia belum memakai listrik," sebutnya.


Selain itu, Bambang menyebut program Earth Hour sebaiknya tidak hanya digelar setahun sekali. Perilaku hemat konsumsi energi bisa diterapkan setiap hari.


"Kampanye hemat listrik nggak hanya pada Earth Hour saja. Kita wajib hemat lampu atau elektronik yang digunakan. Sekarang kecenderungan untuk pemakaian yang konsumtif dan boros," terangnya.


(feb/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!