Peringkat Utang Rusia Turun Gara-gara Konflik di Ukraina

Washington -Lembaga pemeringkat internasional Moody's berencana menurunkan peringkat utang luar negeri Rusia gara-gara konflik denga Ukraina di Crimea yang berkepanjangan.

Moody's menilai ekonomi Rusia selama ini sudah cukup berat apalagi ditambah dengan krisis geopolitik di Crimea yang mengakibatkan sanksi dari koalisi barat terhadap negeri beruang merah tersebut.


"Ketidakpastian atas ekonomi Rusia akan meningkat gara-gara konflik dengan Ukraina, hasilnya pertumbuhan ekonominya akan melambat di kisara 1% di 2014," kata Moody's dalam keterangan tertulisnya yang dikutip AFP, Sabtu (29/3/2014).


Padahal, sebelum adanya konflik ini ekonomi Rusia diprediksi bisa naik hingga 2%, angka yang cukup tinggi untuk negara di benua yang mengalami krisis finansial akut.


Setelah Rusia mencaplok Crimea, Presiden Amerika Serikat Barack Obama menilai posisi Rusia lebih terisolir. Obama mengeluarkan pernyataan tersebut saat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Keamanan Nuklir 2014, di Den Haag, Belanda, Selasa lalu


"Saya pikir tidaklah bijaksana jika (intervensi Rusia di Ukraina) ini adalah solusi ​​sederhana untuk menyelesaikan apa yang telah terjadi," ujar Obama


Obama meminta Rusia sebaiknya bertindak secara bertanggungjawab seperti melakukan negosiasi dan mematuhi norma-norma internasional. Jika tidak, maka Rusia sendiri yang rugi.Next


(ang/feb)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!