Percepat Perizinan, Menhub Jonan Pulang Jam 1 Malam Tiap Hari

Jakarta -Tak ingin perizinan di kementeriannya berjalan lambat, Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasisus Jonan sampai harus pulang larut malam setiap hari. Sebelum pulang ia membereskan dokumen-dokumen yang butuh tanda tangan.

"Saya harus banyak belajar soal perizinan. Jadinya saya pulang kerja jam 1 malam sampai sepi sekali sampai tidak ada orang," kata dia di depan peserta konferensi nasional pemberantasan korupsi di Balai Kartini, Jakarta, Selasa (2/11/2014).


Ia mengaku, hal tersebut dilakoni setiap hari supaya semua dokumen perizinan yang masuk di meja kerjanya dapat diselesaikan pada hari yang sama.


"Banyak dokumen yang masuk yang harus saya tandatangani. Saya mau mempercepat perizinan. Kalau masuk pagi, saya usahakan keluar sore. Kalau masuk siang, besok pagi paling telat sudah bisa keluar. Banyak yang harus saya tandatangani sampai jam 1 malam," jelas dia.


Apa yang dilakukannya ini ternyata bukan bermanfaat bagi dirinya tetapi juga memotivasi para bawahannya untuk bekerja cepat dan tidak menunda-nunda pekerjaan.


"Anak-anak itu juga jadinya ikut saya. Kalau ada pekerjaan cepat diselesaikan. Nggak menunggu berbulan-bulan," tegas dia.


Dalam paparannya tersebut, Jonan juga sempat menyinggung upaya pencegahan korupsi yang dilakukan di Kementerian Perhubungan. Cara yang dilakukan adalah dengan mewajibkan pegawai di kementeriannya menggunakan akun email instansi dengan domain @dephub.go.id.Next


(dna/ang)