Dirut Baru Bank Mandiri Ditentukan 2 April

Jakarta - Kementerian BUMN menjelaskan pengganti Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk Zulkifli Zaini akan ditentukan pada tanggal 2 April 2013 saat Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB).

Hal ini diungkapkan oleh Deputi Bidang Usaha Jasa BUMN, Gatot Trihargo di Kantor Pusat PT PNM Jakarta, Selasa (26/3/2013).


"Salah satu agenda RUPSLB itu adalah perubahan pengurus/direksi Mandiri," ujar Gatot


Namun, saat ini, di Kementerian BUMN sedang dilakukan fit and proper test kepada 3 calon yang berasal dari internal dan eksternal Bank Mandiri.


Secara prinsip, bisa saja calon dari internal yang akan lolos menjadi Dirut. Hal ini merujuk pada kemampuan internal Mandiri yang sudah sangat kuat dan terbukti dalam mendorong kinerja korporasi khususnya saham, yakni tumbuh di atas rata-rata IHSG.


"Calon ada 3 calon. Diharapkan dari internal. Calonnya kuat. Kedepan semua bagus. Di Bank total football sudah bagus, tim sudah bagus jadi pak Zul (dirut saat ini) sudah meletakkan dasar yang kuat," tambahnya.


Terkait kabar masuknya nama Dirut PT BNI Tbk, Gatot Suwondo dalam calon Dirut Mandiri, anak buah Dahlan ini sudah mendengar adanya rumor seperti itu.


"Tapi kami inginnya calon dari internal perusahaan saja," katanya.


Zulkifli menjabat sebagai Dirut menggantikan Agus Martowardojo yang ditunjuk sebagai Menteri Keuangan pada Juli 2010. Zulkifli merupakan Managing Director of Commercial Banking sebelum menjabat sebagai Dirut. Pria yang lahir di tahun 1956 ini lulusan ITB dan meraih gelar MBA di Washington University.


Zulkifli memang sudah 10 tahun menjabat sebagai Direktur sejak 2003. Oleh karena itu pada 2 April 2013 nanti akan digelar RUPS untuk menentukan siapa pengganti Zulkifli Zaini sebagai Dirut Bank Mandiri.


Berdasarkan sumber detikFinance, beredar nama-nama dari kalangan internal Bank Mandiri yang siap menggantikan Zulkifli. Diantaranya adalah Managing Director Finance & Strategy Pahala Mansyuri, kemudian Managing Director Micro & Retail Banking Budi Gunadi Sadikin.


(feb/dru)