Jelang Pemilihan BI-1, PKS: Agus Marto Cocoknya Jabat Menkeu

Jakarta - Komisi XI DPR akan segera memutuskan apakah Menteri Keuangan Agus Martowardojo diterima atau ditolak menjadi Gubernur Bank Indonesia (BI). Menjelang pemilihan tersebut, masing-masing fraksi di Komisi XI mulai sesumbar menyatakan dukungan atau penolakan.

Salah satunya dari Fraksi Keadilan Sejahtera (PKS). Ketua Poksi PKS di Komisi XI, Fahri Hamzah mengungkapkan, PKS mengharapkan SBY tetap pertahankan Agus sebagai Menkeu dengan beberapa alasan.


"Pertama, semua lembaga menilai Agus berprestasi sehingga dia harus menjaga prestasinya di pos awal. Dan menjadi Gubernur BI bukanlah promosi, ini adalah keputusan politik SBY," terang Fahri kepada detikFinance, Selasa (26/3/2013).


Kedua, masih menurut Fahri, ada banyak masalah yang harus dijaga Agus sampai pemilu presiden 2014 selesai. Masuknya orang baru di Menkeu bisa membuat instabilitas dan penyesuaian yang lama padahal ini semua momen politik yang krusial.


"Ketiga, masuknya Agus ke BI juga masih banyak masalah, selain karena Agus sudah pernah ditolak DPR, Agus juga akan jadi orang baru di BI maka memaksakan Agus artinya mengambil 2 risiko pengelolaan fiskal dan moneter sekaligus," paparnya.


Sementara dari PDIP, Maruarar Sirait mengatakan Agus Marto sebagai Menkeu sudah cukup bagus. Mendapat penilaian WTP dari BPK untuk pertama kalinya merupakan salah satu prestasinya.


"Artinya kinerjanya bagus. Dari UKP4 yang bagus KPK, BPK, dan Menkeu. Artinya kinerja mereka sebagai Menteri Keuangan bagus. Itu adalah penilaian yang objektif," tuturnya.


"Saya menduga ada pihak yang tidak nyaman Agus menjadi Menkeu. Jangan seakan-akan dia dipromosikan tapi ternyata disingkirkan dari Menkeu. Dan dia membangun reformasi birokrasi di Menkeu. Saya pikir itu nanti perlu," imbuhnya.


Pertanyaan besarnya, sambung Maruarar bagi anggota DPR Agus marto dengan segala recordnya, lebih bermanfaat bagi republik ini sebagai Menkeu atau Gubernur Bank Indonesia?


"Harusnya DPR bisa melihat itu. PDIP tentu akan melihat secara utuh, film bukan potret permasalahan tadi. Termasuk dengan kebijakan dia yang sangat tegas membuat ada pihak-pihak yang tidak nyaman," tegasnya.


Dari Partai Demokrat sendiri, melalui Achsanul Qasasi yang merupakan Anggota Komisi XI menilai Agus Martowardojo sangat tepat menjabat BI-1. "Saya akan meyakinkan fraksi-fraksi di DPR. Terlihat dari performance Agus Marto ketika fit and proper test cukup baik," jelasnya.


(dru/dnl)