Dua Anak Usaha RNI Siap Go Public

Jakarta - PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) siapkan tiga anak usahanya untuk melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) di 2014. Ketiga anak usaha yang disiapkan adalah dua perusahaan perkebunan kelapa sawit yakni PT Perkebunan Mitra Ogan dan PT Laras Astra Kartika, serta satu perusahaan farmasi yakni PT Phapros.

Direktur Utama PT RNI Ismed Hasan Putro mengatakan, khusus untuk anak usaha bidang perkebunan, nantinya holding akan memilih satu di antara Perkebunan Mitra Ogan dan Laras Astra Kartikan, yang kemudian dilanjutkan dengan penawaran saham perdana (Initial Public Offering/IPO).


"Ada rencana (IPO) tapi melihat tren pasar. Ada 3 tapi kita pilih dua, yang mayoritas. Mana yang lebih seksi. Persiapan tahun ini, akhir 2014 mulai direalisasikan," kata Ismed di Kantor Pusat PT RNI, Jakarta, Selasa (26/3/2013).


Untuk Phapros, Ismed memastikan, anak usaha produsen farmasi dan alat kesehatan ini, sudah pasti akan IPO. Namun, sebelum IPO dilaksanakan tahun 2014, kepemilikan saham RNI di Phapros akan ditingkatkan hingga 80%.


Karena saat ini, RNI hanya memiliki 54% saham di Phapros. Selain itu, Ismed menjelaskan, rencana IPO ini diambil untuk meningkatkan kinerja anak usaha dan mendapatkan dana segar mendorong pengembangan bisnis anak usaha tersebut.


Sayangnya, mantan wartawan Jawa Pos ini, tak menyebut berapa persentase kepemilikan saham yang akan dilepas ke publik.


"Saat ini, kita masih dalam tahap persiapan, salah satunya kita sedang penunjukan konsultan," ungkapnya.


(feb/ang)