Bandara Kuala Namu Beroperasi Paling Cepat 25 Juli 2013

Jakarta - Pemerintah menargetkan Bandara Internasional Kuala Namu, Sumatera Utara akan mulai beroperasi tahun ini. Target paling cepat tanggal 25 Juli 2013, bandara ini akan beroperasi.

Wakil Menteri Perhubungan (Wamenhub) Bambang Susantono mengatakan ada 2 pilihan waktu kapan bandara ini akan benar-benar beroperasi, yakni bulan Juli sebelum hari Idul Fitri, dan setelah Idul Fitri.


"Kemarin ada 2 target, target awal itu 25 Juli. Tergantung dari kesiapan semua pihak, pada waktu itu diputuskan seminggu kemudian untuk dievaluasi, dan apakah mungkin 25 Juli 2013," kata Bambang saat ditemui di Kantor BPSDM Kemenhub, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta, Senin (13/5/2013).


Pertimbangannya, lanjut Bambang, 25 Juli 2013 berdekatan dengan hari raya Idul Fitri, di mana jutaan orang melakukan tradisi mudik dan dipastikan Bandara akan penuh sesak. Di sisi lain, menurut Bambang, suatu proyek infrastruktur yang baru diresmikan pasti memerlukan perbaikan di beberapa bagian.


"Karena kalau 25 Juli Kuala Namu diresmikan, artinya kita akan langsung masuk ke tahap puncak. Karena itu Lebaran. Dan kita tahu biasanya kalau infrastruktur baru diresmikan itu ada kekurangan di sana-sini. Itu adjustmentnya," katanya.


Dikatakan Bambang, alternatif kedua adalah Bulan September, alasan beban bandara pada bulan tersebut tidak sebesar pada Bulan Juli, pasalnya musim mudik Lebaran sudah berakhir. "Alternatif kedua ya setelah September," tuturnya.


Selain itu, Bambang mengatakan, pertimbangan lain ialah kondisi jalan akses non tol menuju Kuala Namu yang saat ini masih belum berada dalam kondisi baik, meski sudah dapat digunakan. Menurutnyan keputusan kapan bandara ini akan dioperasikan masih sedang dalam tahap diskusi dari semua pemangku kepentingan.


Dilanjutkan Bambang, keputusan kapan bandara ini akan beroperasi pun tidak terlepas dari transisi perpindahan operasional dari Bandara Polonia menuju Bandara Kuala Namu yang tidak memakan waktu yang singkat.


"Pindahan itu juga harus ada manajemen transisinya, shadow operation itu seperti apa. Karena 2 runway ini berada di dalam 1 garis. Akan sangat sulit kalau dua-duanya dioperasikan pada waktu yang sama," tutupnya.


(zul/hen)