Kedelai dan Tembakau Gagal Panen di Jatim Gara-gara Pancaroba

Surabaya - Musim pancaroba yang terjadi di Jawa Timur (Jatim) membuat beberapa komoditas pertanian seperti kedelai maupun tembakau mengalami gagal panen.

"Kita akan gagal panen kedelai. Kita akan gagal di posisi tembakau. Tembakau kualitasnya akan ngedrop turun," ujar Gubernur Jawa Timur Soekarwo kepada wartawan usai acara Syukuran gelar siaga pelaksanaan pengawasan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur 2013 dan Peresmian kantor Bawaslu Provinsi Jawa Timur, di Jalan Tanggulangin, Surabaya, Senin (13/5/2013).


Selain tanaman kedelai maupun tembakau, juga berdampak pada panen jagung. Kondisi tersebut membuat panen rayanya mengalami kemunduran.


"Itu membuat triwulan I PDRB (produk domestik regional bruto) kita turun," ujarnya.


Soekarwo mengaku tidak mengetahui berapa persen penurunan hasil panen komditas pertanian akibat dari pancaroba. "Nggak iso merseni (tak bisa dipersentasekan). Yang jelas kedelainya busuk," tuturnya.


Namun, musim pancaroba ini dapat menguntungkan komoditas pertanian lainnya seperti pangan untuk padi.


Selain terjadinya gagal panen yang memuaskan, gubernur juga meminta petugas puskesmas maupun puskesdes lebih aktif dan tanggap terhadap masyarakat yang mengalami sakit di pancaroba.


"Orang semua harus hati-hati dengan musim ini terutama penyakit. Jadi metabolisme penyakit ini luar biasa. Orang demam berdarah, sakit perut, di perubahan udara seperti ini. Jadi poisisi front line di puskemeas dan pukesdes harus aktif," jelasnya.


(roi/hen)