Listrik di Seperempat Wilayah Jateng Padam, Meluas ke Yogyakarta

Purwokerto - Pemadaman listrik di 8 Kabupaten wilayah Jawa Tengah (Jateng) Selatan dan Barat yang sempat terjadi sejak pukul 10.00 Wib hingga pukul 12.00 Wib di sebabkan putusnya jaringan transmisi Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (Sutet) di jalur Wonosobo-Ungaran. Sore ini pemadaman kembali terjadi dan dikabarkan meluas hingga Yogyakarta dan Magelang.

"Daerah yang mengalami padam listrik Senin sore ini semakin luas, sekitar seperempat wilayah Jawa Tengah saat ini listrik mati. Kami juga mendapatkan laporan sebagian wilayah Yogyakarta dan Magelang ikut padam," kata Humas PLN Area Pelayanan Jaringan (APJ) Purwokerto, Djumeno kepada wartawan, Senin (13/5/2013).


Menurutnya untuk pemadaman pada sore hari ini pihaknya belum mengetahui secara pasti penyebabnya. "Kalau pemadaman tadi pagi karena adanya jaringan transmisi Sutet yang putus, tapi kalau untuk pemadaman sore ini kami belum mengetahui penyebabnya," jelasnya.


Dari informasi yang dikumpulkan, sebagian wilayah Yogyakarta yang melangalami pemadaman merupakan jaringan listrik Yogyakarta - Bali bagian selatan dan yang mengalami pemadaman sebagian Bantul dan Kulonprogo.


Sebelumnya Delapan Kabupaten yang mengalami pemadaman selama dua jam sejak pukul 10.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB diantaranya adalah Banyumas, Cilacap, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Kebumen, Purworejo dan Tegal.


Kemudian listrik sempat menyala selama lima jam sejak pukul 12.00 WIB, namun pada pukul 17.00 WIB pemadaman kembali terjadi di Kota Purwokerto. Akibatnya kota Purwokerto dan sekitarnya gelap gulita.


Aparat kepolisian dari Satlantas Polres Banyumas tampak mengatur arus lalulintas di sejumlah titik perempatan dikota Purwokerto akibat tidak menyalanya lampu merah akibat pemadaman listrik.


(arb/hen)