Peternak Australia Ingin Berikan 100.000 Sapi untuk RI Secara 'Cuma-cuma'

Jakarta - Para peternak Sapi mengajak pemerintah Australia untuk membeli 100.000 sapi dari peternakannya untuk diberikan kepada Indonesia. Hal ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi kepada Indonesia dan menghidupkan kembali semangat perdagangan dan ekspor antar kedua negara.

Ide tersebut muncul ketika pertemuan antara para peternak dengan Kementerian Pertanian Australia yang membahas mengenai krisis di Queensland bagian barat laut.


Sapi di Queensland memang harganya terus melorot dalam beberapa dekade terakhir. Ditambah lagi, nilai tukar dolar yang terus menguat dan perdagangan ekspor yang menurun dengan Indonesia mengakibatkan suplai daging terus menggunung di Queensland.


Seperti tertuang dalam artikel, Australian Press, (8/5/2013), para peternak telah memperingatkan pemerintah Australia bahwa terancam tak bisa lagi memberikan makanan kepada para ternak.


Banyak para peternak telah menyalahkan pemerintah Australia karena menangguhkan ekspor ternak ke Indonesia pada 2011. Dengan ini, para peternak mengharapkan sapi di Queensland bisa dibeli dari para peternak sebanyak 100.000 sapi dan diberikannya kepada Indonesia.


Hal ini akan memicu Indonesia untuk kembali meningkatkan perdagangannya dengan Australia.


(dru/ang)