Pembangunan 3 Pulau 'Maladewa' di RI akan Dikembangkan Eksklusif

Jakarta -Pemerintah akan membuat aturan yang ketat kepada para investor yang ingin menggarap kawasan 3 pulau sekelas 'Maladewa' di Indonesia. Salah satu aturan yang akan diperketat adalah pembatasan akses masuk wisatawan.

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sedang menyiapkan proyek besar membangun 3 pulau sekelas tujuan wisata bahari kelas dunia 'Maladewa'. Ketiga pulau itu tersebar masing-masing di Pulau Anambas (Kepulauan Riau), Pulau Pari (DKI Jakarta), dan Raja Ampat (Papua). Maladewa merupakan negara di Samudera Hindia yang sukses mengembangkan wisata bahari.


"Sistem kita ke depan adalah begini investasi masuk ke Pulau X. Pulau X ini ada dive site dan mereka kelola sendiri secara eksklusif. Tetapi ada pembatasan akses masuk wisatawan. Supaya biota laut tidak rusak juga," ungkap Dirjen Kelautan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil KKP Sudirman Saad ketika ditemui detikFinance di Kantor KKP Kawasan Gambir Jakarta, Selasa (1/4/2014).


Sudirman mencontohkan salah satu pulau di Lombok, Nusa Tenggara Barat rusak parah akibat tidak ada pembatasan akses masuk wisatawan ke tempat tersebut.


"Tidak seperti sekarang laut itu akses terbuka seperti di Gili Trawangan sana. Itu kan sebentar lagi kolaps lautnya. Semuanya boleh masuk bahkan LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) juga boleh bawa wisatawan sendiri di sana. Bayarnya sendiri akhirnya kapasitas berlebihan akhirnya sampah menumpuk," tuturnya.


Pemerintah telah merancang secara matang konsep pembangunan 3 pulau 'Maladewa' Indonesia. Konsep yang dilakukan adalah mulai dari tahap sebelum pembangunan proyek hingga setelah pembangunan proyek rampung.


"Roadmap kita pembangunan 3 pulau ini 5 tahun. 2 tahun kita tata aturan tata ruang atau zonasi. Jadi zonasi lautnya harus dilakukan karena bisa dilihat dimana dia diving, dimana dia bisa lakukan budidaya mutiara dan juga keramba," katanya.


Pihaknya juga akan menyiapkan aspek sosial masyarakat dan infrastrukturnya. Untuk periode tahun ketiga, harapannya investor sudah mulai masuk karena sudah kelihatan investasi tempat itu.


"Ini adalah proyek multiyears dan sudah ada rencana dalam corral map. Pokoknya target tahun ke 3 sudah ada investasi yang masuk," jelasnya.


(wij/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!