5 Bulan Layani Penerbangan Komersial, Ini Hasil Evaluasi Bandara Halim

Jakarta -PT Angkasa Pura II (AP II) sebagai operator Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta Timur, telah mengevaluasi pelayanan pasca beroperasinya Halim sebagai bandara komersial berjadwal.

Sejak melayani penerbangan komersial mulai 10 Januari 2014, sudah ada 3 maskapai yang beroperasi di Halim yaitu Citilink, Pelita Air, dan Susi Air.


General Manager AP II Iwan Khrishadianto mengungkapkan pemindahan beberapa rute penerbangan dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten ke Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur menjadi alternatif bagi penumpang.


"Evaluasi selama 5 bulan sementara normal nggak ada masalah. Citilink sendiri kita lihat jumlah penumpangnya bagus rata-rata di atas 75%, ini pilihan alternatif penumpang untuk yang domisili di Jakarta Timur dan Jakarta Selatan, misal penumpang dari Bogor daripada ke Tangerang mending ke sini, sekarang yang dicari tepat waktu," ujar Iwan saat ditemui di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu (1/6/2014).


Ia menjelaskan, bukan hanya soal keterisian penumpang (load factor) yang terlihat positif, namun soal ketepatan waktu terbang (OTP) juga lebih terpantau di Bandara Halim.


"OTP rata-rata on time, bagus. Kalau pun ada penerbangan VVIP itu bukan kendala, itu tetap prioritas pertama, sudah ada jadwalnya, tapi yang lain tetap teratur, makanya slot-nya kita atur kembali," terang dia.


Pihaknya masih akan terus mengembangkan layanan maupun fasilitas penerbangan dari Bandara Halim Perdanakusuma. Misalnya untuk mengembangkan kapasitas ruang tunggu.Next


(drk/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!