Causeway Bay, Tempat Sewa Properti Termahal di Dunia

Jakarta -Salah satu titik pusat kota di Hong Kong, bernama Causeway Bay mungkin jadi kawasan paling diincar, setidaknya untuk berinvestasi properti. Kenapa? Karena tempat ini adalah tempat sewa lahan atau properti yang termahal di dunia.

Untuk lahan mungkin sudah tidak tersedia lagi, karena kawasan ini sudah penuh sesak oleh pusat-pusat perbelanjaan, pusat hiburan, hotel, sarana transportasi yang cukup lengkap dan terintegrasi, gedung perkantoran dan lainnya. Tak heran, daerah ini surga bagi investor properti.


Causeway Bay terdiri dari beberapa jalan, di antaranya Sugar Street, Wing Hing Street, Matheson Street, Keswick Street dan lainnya.


Salah satu orang Indonesia yang telah menjadi warga negara Hong Kong, Wahyudi Chandra punya cerita menarik soal mahalnya harga sewa bangunan di kawasan ini. Chandra, mengatakan, dia harus merogoh kocek ratusan juta untuk menyewa toko berukuran tak lebih dari 20x15 meter dalam sebulan. Toko yang dinamai warung Chandra ini berlokasi di Sugar Street.


"Tempat saya 1 bulan Rp 600 juta di Sugar St," katanya saat berbincang di Causeway Bay, Hong Kong, Minggu (1/6/2014).


Chandra memiliki beberapa warung yang menjual produk Indonesia dan layanan pengiriman uang atau remitansi. Selain di Sugar Street, Chandra juga menyewa warung kecil di Keswick St, yang berada di bukan jalan utama Causeway Bay dengan biaya Rp 150 juta/bulan. Sedangkan tepat di sebelah warung Chandra tersebut, terdapat plasa Grapari Telkomsel yang menurut informasi biaya sewanya mencapai Rp 200 juta/bulan.


Di Hong Kong, lanjut Chandra, jika ingin menyewa bangunan atau hunian ada regulasi penyewa harus menyimpan uang dahulu sebagai deposito selama 3 bulan sewa. Dia mencontohkan, jika penyewa menyewa selama 2 tahun, maka dia harus memberikan deposito selama 3 bulan iuran kepada si pemberi sewa, di samping dia harus membayar iuran setiap bulannya.Next


(zul/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!