Kirim Semen Jakarta-Banyuwangi Via KA, Waktu Tempuh 3 Hari Bisa Hemat Jadi 23 Jam

Bogor -PT Kereta Api Indonesia (KAI) melalui anak usahanya PT Kereta Api Logistik (KALog) meresmikan pengiriman semen milik PT Indocement dari Stasiun Nambo, Desa Bantarjati, Kecamatan Klapanunggal, Bogor, Jawa Barat, tujuan stasiun Banyuwangi Baru, Jawa Timur.

VP Public Relation PT KAI Sugeng Priyono menyebutkan, angkutan kereta logistik menjamin ketepatan waktu dan penghematan biaya angkut per ton per Km untuk jalur yang sama bila menggunakan angkutan truk via jalur Pantai Utara Pulau Jawa (Pantura)


"Jadi ini dari stasiun Nambo kita ke Tanah Abang, Pasar Turi dan terus menuju Banyuwangi. Jadi bisa dikatakan ini jalur Nambo - Banyuwangi via pantura. Jelas kita lebih cepet kalau dibanding truk," kata Sugeng, di Stasiun Nambo, Bogor, Rabu (2/6/2014).


Adapun panjang lintasan yang ditempuh oleh rangkaian kereta api logistik ini adalah 1.060 Km. "Untuk jarak itu kita siapkan 5 set kru. Jadi nanti ada 5 titik pemberhentian untuk ganti kru, pemeriksaan dan pengecekaan rangkaian," tuturnya.


Agung menuturkan, dengan moda transportasi ini, dirinya bisa memastikan waktu tempuh dari Stasiun Nambo di Jawa Barat hingga Stasiun Banyuwangi Baru di Jawa Timur hanya dalam waktu maksimal 23 jam. Sedangkan dengan angkutan truk waktu tempuh bisa mencapai 3 hari.


"Kita lebih cepat, dari Nambo sampai Banyuwangi Baru sekitar 21-23 jam. Pokoknya lebih cepat. Mana ada angkutan truk bisa sampai secepat itu," paparnya.


Dalam kesempatan yang sama Direktur Operasional PT KALog Dwiyana Slamet Riyadi menambahkan, tersedianya angkutan ini diharapkan bisa mendorong mobilisasi logistik para pelaku industri dengan jaminan ketepatan waktu dan keamanan angkutan.Next


(hen/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!