Dengan Penghasilan Rp 5,5 Juta Bisa Beli Rumah Harga Berapa?

Jakarta -Pertanyaan dari Pembaca: Salam kenal, saya Dhani, usia 24 tahun pegawai BUMN dengan gaji Rp 5,5 juta per bulan , single tiap bulan bisa menyisihkan Rp 2-2,5 juta.

Saya ingin di tahun 2015 sudah bisa mulai ambil KPR, ingin punya rumah di Yogyakarta dengan harga Rp 600 jutaan. Apakah bisa, dan bagaimana cara terbaiknya?


Saat ini saya baru punya tabungan Rp 40 juta dan sebaiknya uang tersebut saya taruh di investasi apa?


Terima kasih sebelumnya.


Jawaban:

Terima kasih Dhani atas pertanyaannya,

Di usia yang masih muda, saya selalu mengapresiasi atas usaha orang-orang yang tidak hanya memikirkan untuk kebutuhan saat ini saja, tapi juga kebutuhan-kebutuhan yang pasti ada di masa mendatang.


Salah satunya tentu berkaitan dengan kepemilikan aset, dalam hal ini rumah tinggal. Hal tersebut merupakan tujuan keuangan umum yang kebanyakan klien kami miliki. Selama memang jelas tujuan keuangannya dan besaran dana yang nantinya hendak dicapai, maka Anda dapat merencanakannya dari saat ini juga agar dapat dilakukan tindakan-tindakan nyata dalam upaya mencapai tujuan kepemilikan rumah tersebut.


Terkait target Anda untuk memiliki sebuah rumah pada tahun 2015 atau sekitar satu tahun ke depan, dengan penghasilan Anda saat ini serta melihat juga besaran tabungan yang Anda sebutkan di pertanyaan, maka membeli sebuah rumah dengan cara kredit atau KPR memang dapat menjadi solusi. Next


(ang/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!