Fenomena Jual-Beli Rumah Sitaan di AS, Harga Mulai Rp 12 Juta

Detroit -Antjuan dan istrinya belum lama ini membeli sebuah hunian dengan 3 kamar tidur, luasnya 1.500 meter persegi. Rumah yang ia beli merupakan rumah untuk kelas menengah nan asri.

Tapi, rumah ini masih butuh renovasi seperti furniture yang baru, pipa saluran air, dan jendela yang baru karena rumah ini merupakan rumah lelang yang ia beli seharga US$ 1.000.


"Kami mencari rumah di pinggir kota tapi harganya sudah mahal sekali," kata pria berusia 27 tahun itu seperti dikutip detikFinance dari CNN, Selasa (21/10/2014). "Saya terkejut bisa dapat rumah seharga US$ 1.000," katanya lagi.


Dalam 4 bulan, ia harus memperbaiki rumah tersebut dengan biaya US$ 30.000. Wyatt berharap, ia bisa pindah dan mencari rumah baru bersama istri dan kedua anaknya.


Wyatt membeli rumah tersebut melalui program pinjaman dari bank, sebuah program di mana nasabah melalui pinjamannya harus membeli rumah lelang di kota bukan rumah baru.


Masalahnya adalah sulit menemukan rumah baru di kota karena sudah padat. Pada awal tahun 1950-an, sekitar 1,8 juta orang tinggal di kota. Tahun lalu, populasinya bertambah 700.000.


"Kami memiliki stok perumahan lebih dari satu juta orang tapi tidak ada peminatnya," kata David Szymanski, Chief Deputy Treasurer di Wayne County.Next


(drk/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!