Tragis, Bos Perusahaan Minyak Ini Tewas Kecelakaan Jet Pribadi

Moscow -Nasib memang tak bisa ditebak. Chief Executive Officer (CEO) perusahaan minyak asal Prancis, Total, yaitu Christophe de Margerie, tewas saat jet pribadi yang membawanya menubruk mesin penyapu salju, saat akan lepas landas di bandara internasional Vnukovo, Moscow.

Menurut keterangan pihak bandara, kecelakaan ini terjadi Senin, beberapa menit sebelum tengah malam waktu Moscow. Jet pribadi Dassault Falcon yang membawa de Margerie berencana terbang ke Paris.


"Total mengkonfirmasi dengan duka yang dalam, bahwa Chairman dan CEO Christophe de Margerie meninggal pukul 10.00 malam (waktu Paris) tanggal 20 Oktober dalam sebuah kecelakaan pesawat pribadi di Bandara Vnukovo Moscow, karena tubrukan dengan mesin penyapu salju," demikian pernyataan Total dilansir dari Reuters, Selasa (21/10/2014).


Selain de Margerie, Total mengatakan, 3 kru pesawat juga meninggal.


De Margerie, berumur 63, datang ke Moscow untuk mengadakan rapat bersama pemerintah Rusia terkait investasi asing. Rapat dilakukan di Gorki, dekat Moscow kemarin. Pria ini merupakan salah satu figur penting di dunia perminyakan global.


Lulus dari sekolah bisnis Ecole Superieure de Commerce di Paris, de Margerie menjadi CEO Total pada Februari 2007, dan merangkap menjadi Chairman pada Mei 2010.


Dia pernah mengatakan, calon penggantinya nanti akan diambil dari dalam perusahaan. Philippe Boisseau, kepala divisi energi terbarukan Total dan Patrick Pouyanne disebut-sebut sebagai suksesor pimpinan baru Total.Next




Foto: Christophe de Margerie (Reuters)




(dnl/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!